Cara memperbesar memory internal di Android

image

Cara Menambah Memori Internal Android dengan INT2EXT – Ruang penyimpanan memori internal sudah umum menjadi masalah konstan untuk setiap pengguna Smartphone Android. Semua pengguna Android pasti pernah menghadapi saat-saat ketika anda tidak dapat menginstal aplikasi karena kurangnya kapasitas penyimpanan di memori internal.

Hal itu tentu masih ada pilihan lain untuk mengakalinya yakni dengan memindahkan aplikasi third party ke SDCard, bisa memakai Link2SD, App2SD, Ungaze, ataupun Amarullz. Tapi biasanya akan ada beberapa kendala lain yang muncul misal app nya tidak bisa dibuka, widget tidak mau berjalan, dan juga aplikasi yang di move tadi menjadi sedikit lemot / lag.

Ada berbagai macam aplikasi di Google Play yang bisa membantu Anda dalam menambah / memperluas kapasitas memori internal. Saat ini saya memakai Link2SD. Tidak ada kendala sama sekali selama saya menggunakannya sebagai metode memindah aplikasi Android ke SD Card. Soal pemilihan app / tweak mana yang bagus dipakai untuk memindah aplikasi ke SD Card, kembali lagi ke diri masing-masing.

Di tutorial kali ini, yang akan saya bahas yaitu Cara Menambah Memori Internal Android dengan INT2EXT.

Apa INT2EXT itu? INT2EXT adalah script untuk meningkatkan ukuran / kapasitas memori internal Android anda dengan membuat sebuah partisi di SD card. Jadi sebetulnya bukan memori internal nya yang benar-benar bertambah melainkan pertambahan itu dibantu oleh SD Card kita.

Script ini diberi nama INT2EXT oleh pengembangnya, croniccorey. Script ini hanya untuk perangkat Android dengan status ROOTED dan untuk ROM yang sudah support init.d.

Berikut adalah tutorial singkat untuk menerapkan script ini.

DWYOR! – Do With Your Own Risk!

A. Persyaratan
Android sudah berstatus ROOTED. Untuk tutorialnya disini.
Support init.d (cara mengaktifkan init.d)
File script INT2EXT. download disini
SD card minimal 4GB Class 6. Untuk class 4 tidak apa-apa tapi tanggung sendiri bila nanti Android anda menjadi sedikit lag / lelet
Second partition berjenis EXT. Untuk saya, mending pakai EXT3. cara partisi sd card
CWM Recovery. Baca cara install CWM Recovery

Catatan : Anda harus mempartisi SD Card anda sedemikian rupa sehingga partisi anda harus berada dalam rasio 5:1 dengan penyimpanan memori internal. Berarti jika anda memiliki media penyimpanan internal 100MB, partisi tidak boleh melebihi 500MB. Untuk kinerja yang optimal tidak disarankan membuat partisi di atas 1GB. Satu lagi, hapus seluruh data yang berkaitan dengan Link2SD, A2SD, S2E, DC2SD dan lain-lain misal anda pernah menggunakannya.

B. Fase Eksekusi
Taruh file script INT2EXT kedalam SD Card anda
Boot Android anda ke CWM Recovery
Flash seperti biasa
Reboot
FAQ bisa dilihat disini

Thanks to yusron krista.
Catatan ini saya ambil dari Catatan Yusron Krista
Dengan mengikuti tutorial di atas, maka anda sadar betul, bahwa hal itu mengandung banyak resiko. Dan segala resiko yang diakibatkan, ditanggung sendiri. DWYOR (Do With Your Own Risk)

2 responses to “Cara memperbesar memory internal di Android

  1. gan, dulu sy pernah nyoba, tp memory nya malah jd ga ke baca, knp ya?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s