Mengatasi android lemot

image

Sebenarnya tulisan ini hanya copyan dari blog saya yang lain (bolwh dikunjungi gan)
Hoaaaaaahhhhmmmm…. Gila sepi banget ni kerjaan mpe ngantuk…. Hahahaha dr pada ngantuk mnding coret-coret dlu ni halaman blog.

Dari kemarin bberapa temen yang saya ajarkan cara root galaxy mereka sering mengeluh (bukannya seneng malah mengeluh…. ) kalau hape nya jadi lemot. Itu buat q sedih dan brasa brsalah sm mereka. Kalo gw jawab “itu resiko kan udah gw bilang sejak awal” kayaknya gw jadi orang g brtanggung jawab banget… Hahahahaha…

Jika hape sudah di root maka semua kendali ada di tangan kita. Soal lemot atau tidak berarti….. Ya ditangan kita juga.

Root acces memmberikan kita keleluasaan buat instal aplikasi yang “root requaired” artinya lebih banyak aplikasi yang bisa kita install dan kita jalankan. Ingat semakin banyak aplikasi yang kita install maka semakin banyak aplikaai yang runing in background. Swmakin banyak yang aplikasi yang runing background maka semakin besar memory cpu yang terpakai. Alhasil hape kita makin kerja keras dan….. Lemot.

Triknya biar hape kita jadi normal kmbali?

Kill semua program yang menggunakan memory cpu besar. Atau jika perlu un-install program yang tidak di perlukan.

1. Gunakan Advance auto killer atau advance app manager dan sejenisnya untuk melakukannya.

2. Jangan terlalu nanyak mindahin aplikasi ke memory card jika memory card kita pakai class rendah. Gunakan sd card class 10 minimal.

3. Install setcpu for root user jika di perlukan. Gunakan governoor performance (efeknya battrey lbih boros)

4. Jangan install aplikasi yang fungsinya mempercantik hendheld. Seperti go launcher, life walpaper dan font changer. Karena cpu akan di push lbih berat.

5. Buat apa install aplikasi yang hape kita sudah ada bawaannya seperti go sms, maps, go contact, dll.

6. Antivirus memang perlu tapi gunakan antivirus yang ringan. Biasanya semakin jelek UI-nya semakin ringan kerjanya.(semua antivirus pada dasarnya sama fungsinya, membunuh virus)

Oke jika dengan tips di atas masih berasa lemot maka ada baiknya hape di upgrade ke S-II atau tablet honeycomb. Gimana caranya. Tanyakan sama samsung centre terdekat.

Segala tulisan tersebut berdasar pengalaman pribadi, jika ada ide lagi, akan saya tulis di kemudian hari. So jangan bosan bosan berkunjung ya guys….

Salam

Prawoso

3 responses to “Mengatasi android lemot

  1. Mau tanya ni,
    Wkt android qt lemot brarti memori CPU qt nipis.. nah, wkt udah qt “kill” smw program yg ga brjalan dn berhasil nambah memori CPU, tp knp ya kok masih lemot/hang ..? Jd, penyebab utama lemot android qt tuh apa ?
    Tanks ya..

    • Di dalam system android memiliki kemampuan autorun. Itu artinya ada aplikasi yang memang akan berjalan dengan sendirinya. Saat kita kill aplikasi, menggunakan memory cleaner atau sejenisnya, aplikasi yang autorun akan berjalan lagi. Nah disitulah gadget kita menjadi lemot bahkan tampak hang. Seberapa lama itu terjadi, tergantung dari ada berapa banyak aplikasi autorun di gadget. Sebenarnya itu terjadi hanya beberapa saat dan tidak lama. Cobalah memakai auto kill. Anda bisa memilih aplikasi mana yang mau di kill secara bertahap.

      • Oowh begitu …
        Tp kadang jg sperti ni, aplikasi yg mempunyai autorun brhasil di kill dn tdk muncul lg (utk bbrapa saat) tp wkt kembali ke menu utama kok lemotnya minta ampun yaa .. didiemin gag jg jalan, masuk aplikasi malah layarnya hitam .. akhirnya ya meng-off kn hp ..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s